Pages

Kamis, 20 Desember 2012

Peran seorang PR ( Humas )


Peran seorang PR ( Humas ) 
Peran seorang PR ( Humas ) penting bagi suatu instansi atau perusahaan. Sebab PR
berfungsi menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen pada suatu lembaga atau
perusahaan dalam rangka memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi. PR
sebagai mediator yang menjembatani kepentingan instansi atau perusahaan dengan publiknya
yang terkait dengan kegiatan PR itu sendiri, yaitu senantiasa menciptakan, menjaga dan
meningkatkan citra positif.
Public Relations (PR) mempuyai tanggung jawab baik keluar maupun kedalam, untuk
menjaga eksistensi dari perusahaan dimana Public Relations (PR) tersebut berada. Kegiatan
Public Relations (PR) begitu besar, luas dan kompleks karena bukan hanya menangani pihak-
pihak yang berada di lingkungan dalam perusahaan tetapi juga pihak-pihak yang berada pada
lingkungan luar organisasi yang beragam keinginan, kebutuhan dan kepentingannya. 
  Kegiatan sehari-hari seorang Public Relations (PR) adalah mengadakan kontak sosial
dengan kelompok masyarakat untuk menjaga hubungan baik. Aspek tanggung jawab sosial
dalam dunia Public Relations (PR) adalah cukup penting tidak hanya memikirkan keuntungan
materi bagi perusahaan, tetapi juga kepedulian kepada masyarakat untuk mencapai sukses
dalam memperoleh simpati atau empati dari publiknya, hal ini juga merupakan fungsi dari PR. 
Jamu sebagai obat tradisional Indonesia sudah dikenal sebagai bagian dari kebudayaan
yang telah berkembang dari generasi ke generasi. Banyaknya industri jamu sekarang ini
seperti PT Sido muncul, PT Jamu Jago menyebabkan tingkat persaingan semakin tinggi,
untuk mampu bertahan setiap perusahaan harus mampu memenangkan persaingan bisnis, serta
dapat mencapai tujuan perusahaan. Salah satu jamu tradisional yang masih eksis sampai
dengan sekarang ini adalah jamu Nyonya Meneer. Untuk bisa bertahan dalam persaingan ,
perusahaan harus mempunyai keunggulan bersaing ( competitive advantage ) dibandingkan
dengan kompetitornya. Keunggulan bersaing akan menjadi senjata untuk menaklukkan pasar
dan kompetisi.
Sejalan dengan persaingan yang semakin tajam, banyak berbagai jenis produk atau
jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Perusahaan harus bisa menetapkan,


menerapkan kebijakan dan kegiatan yang tepat untuk konsumen maupun pesaing dalam
mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Dalam menghadapi persaingan tersebut,
dibutuhkan suatu usaha untuk menarik sebanyak mungkin pembeli yang ada, karena dengan
semakin banyaknya pembeli kemungkinan untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan
sangat besar. Selain itu, juga diperlukan usaha-usaha untuk dapat mempertahankan pembeli
yang ada sekarang jika perusahaan sudah berada pada posisi persaingan yang baik, perusahaan
harus bisa menetapkan, menerapkan kebijakan dan kegiatan yang tepat. Usaha-usahanya
seperti mengiklankan hasil produknya ke televisi agar para konsumen mengetahui keunggulan
produk yang akan ditawarkan ke mereka (para konsumen).
Melihat begitu pentingnya, mengetahui bagaimana keputusan yang diambil oleh
konsumen dalam pembelian, maka perusahaan mencari dan mengumpulkan informasi
sebanyak mungkin. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan dapat mengetahui faktor-faktor apa
saja yang mempengaruhi dan berhubungan dengan keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian. Namun demikian untuk mencapai cita-cita tersebut tidaklah mudah sebab dewasa
ini persaingan antar perusahaan sudah sampai pada tahap yang sangat kompetitif.
Khalayak ( publik ) adalah kelompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan
suatu organisasi, baik secara internal maupun eksternal. Meskipun khalayak dari suatu
organisasi sangat boleh jadi berbeda dari khalayak organisasi-organisasi lainnya, tetapi kita
dapat mengidentifikasikan adanya sembilan khalayak utama yang paling sering menjadi
subjek khalayak dari berbagai macam organisasi secara umum.
Adapun ruang lingkup tugas PR dalam sebuah organisasi atau lembaga antara lain
meliputi aktivitas :
a. Membina hubungan ke dalam ( public internal )
  Yang dimaksud dengan public internal adalah public yang menjadi bagian dari
unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri. Seorang PR harus mampu mengidentifikasi


atau mengenali hal-hal yang menimbulkan gambara negative di dalam masyarakat, sebelum
kebijakan itu dijalankan oleh organisasi.
a.  Membina hubungan keluar ( public eksternal )
Yang dimaksud public eksternal adalah public umum ( masyarakat ). Mengusahakan
tumbuhnya sikap dan gambaran public yang positif terhadap lembaga yang
diwakilinya.
PT. Jamu Nyonya Meneer Semarang adalah salah satu perseroan terbatas yang bergerak
dibidang pembuatan jamu tradisional. PT. Jamu Nyonya Meneer merupakan salah satu
perusahaan jamu yang terbesar di Semarang. Karena produk jamu Nyonya Meneer
mempunyai mutu yang baik maka jamu produk Nyonya Meneer hanya dikenal di Indonesia
setelah beberapa tahun mengalami kemajuan akhirnya PT ini telah dikenal di manca negara.
PT Nyonya Meneer mengalami kemajuan pesat sampai sekarang karena kerja keras dan
keuletan dari para karyawan PT Nyonya Meneer.
  PT. Jamu Nyonya Meneer berdiri pada tahun 1919 oleh Nyonya Meneer di Semarang,
yang pada awalnya dijalan Raden Patah 191-199 Semarang. Dasar hukum pendirian  PT.
Jamu Nyonya Meneer Semarang terhitung dalam akta notaris RM. Soeprapto No. 51/BI 24
Januari 1967 dan lembaran berita RI tanggal 9 Mei 1969 No. 37. Tujuan utama dari
perusahaan selain untuk mendapatkan keuntungan juga untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat dibidang obat-obatan khususnya obat tradisional yang berupa jamu. Pada saat
kepemimpinan Nyonya Meneer perusahaan mengalami kemajuan pesat dan menjadikan
perusahaan berbentuk perseroan terbatas (PT). 
Sebagian besar karyawan PT Nyonya Meneer adalah wanita, yang bekerja pada bagian
perajangan, pengeringan, pengujian bahan, penelitian, peracikan dan penggilingan. Tenaga
kerja pria bersifat penunjang yaitu pada bagian pengawasan, keamanan, transportasi dan
lainnya dibagian staff. Jumlah karyawan perusahaan adalah kurang lebih sekitar 1500 orang
kebanyakan mereka adalah wanita.



Kegiatan yang dilakukan oleh humas sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan.
Kegiatan Humas pada hakikatnya adalah kegiatan berkomunikasi dengan berbagai macam
simbol komunikasi, verbal maupun non verbal. Kegiatan komunikasi verbal sebagian besar
adalah pekerjaan mulai dari menulis proposal , artikel, progress report, menulis untuk
presentasi, menulis untuk pers ( press release ), membuat rekomendasi dan sebagainya.
Sedangkan verbal lisan antara lain jumpa pers, guest guide atau open house, announcer,
presenter, desk informations dan sebagainya. Kegiatan komunikasi non verbal  meliputi
penyelenggaraan pameran, seminar, special event, riset atau penelitian, pers kliping dan
sebagainya.
Humas PT. Nyonya Meneer sering melakukan kegiatan rutin seperti menerima tamu
atau kunjungan yang berasal dari luar perusahaan yang datang untuk melihat museum Nyonya
Meneer. Museum ini didirikan dengan tujuan menjadi cagar budaya untuk pelestarian warisan
leluhur, menjadi sebagai sarana pendidikan dan sebagai rekreasi generasi muda. Museum ini
di bagi menjadi 2 bagian, dimana bagian pertama adalah pameran barang koleksi pribadi
Nyonya Meneer yang bagian kedua sebagai tempat untuk memamerkan produksi jamu secara
tradisional. Museum dibuka setiap hari senin sampai jumat pada jam 10.00 sampai 15.30 ,
sabtu dan minggu tutup. Di sini pengunjung tidak dipungut biaya, selain itu pengunjung dapat
menyaksikan pemutaran slide tentang tata cara proses pembuatan jamu serta dapat mencoba
serbat jamu Nyonya Meneer.
  Humas PT. Nyonya Meneer sering juga melakukan event yang biasa rutin dilakukan.
Ada 2 event yang biasa rutin dilakukan seperti event yang punya sendiri dan event yang
berasal dari luar. Kalau event yang punya sendiri seperti HUT Nyonya Meneer, Iklan, Press
Gathering dan kita juga punya museum. Sedangkan event yang berasal dari luar seperti
mengadakan pameran dan event. Biasanya event ini diadakan pada saat Nyonya Meneer
diundang oleh suatu Organisasi dalam mengadakan suatu pameran atau seminar dan biasanya
sebagai pembicara adalah Bapak Charles Saerang.


Humas PT. Nyonya Meneer memandang bahwa persaingan yang ada justru
memunculkan motivasi untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan dan fasilitas sesuai
dengan harapan. Humas PT. Nyonya Meneer berperan sebagai menjembatani kepentingan
perusahaan, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas komunikasi terhadap stakeholders
baik internal maupun eksternal dalam menjaga dan meningkatkan reputasi, citra nama baik
perusahaan. Humas juga bertugas untuk melakukan manajemen konflik yang terjadi dan
mengubah sikap public yang antipati menjadi netral, yang netral menjadi simpati dan yang
simpati menjadi mendukung terhadap kebijaksanaan atau langkah perusahaan. Humas PT
Nyonya Meneer dalam menghadapi persaingan yang ketat yaitu selalu menjaga mutu dan
kualitas jamu sehingga kedepan diantara pesaing. Dan selalu melakukan promosi secara
langsung dengan mengadakan event-event sehingga bisa promosi di acara tersebut.
PT. Nyonya Meneer selalu menitikberatkan pada usaha untuk meningkatkan
komunikasi, kualitas dan pelayanannya. Setiap kegiatan humas pasti berhubungan dengan
komunikasi internal dan eksternal. Komunikasi untuk PR Internal yang dilakukan antara lain
berkaitan dengan internal perusahaan seperti employee gathering, membuat acara sesuai tema
jika ada event, dan jika ada konflik  ikut menengahi. 
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tolak ukur yang menjadikan suatu
perusahaan layak atau tidak diakui keberadaanya. Kegiatan tersebut penting dilakukan agar
tetap bisa bertahan di tengah persaingan yang ada pada saat ini. Kegiatan internal disini yang
dimaksud yaitu seperti menerima kunjungan tamu dari luar perusahaan yang akan berkunjung
ke museum Nyonya Meneer.
Promosi yang dilakukan oleh perusahaan tidak akan sampai pada masyarakat jika tidak
ada media yang menjadi perantara. Oleh sebab itu Humas juga berperan dalam memilih media
yang akan di gunakan dalam melakukan promosi. Karena tujuan promosi akan tercapai
dengan baik jika pemilihan media yang digunakan tepat dan sesuai dengan stakeholder yang
dituju. Hal itulah yang menjadi landasan mengapa yang memilih media promosi adalah
Humas yaitu karena Humas dianggap paling mengerti stakeholder dari perusahaan. 


Media Humas adalah berbagai macam sarana penghubung yang dipergunakan seorang
Humas dengan publiknya, yaitu publik internal dan eksternal untuk membantu pencapaian
tujuan dari perusahaan. Hal tersebut berkaitan dengan  Media Relations, dimana media
relations ini salah satunya berwujud Press Release. Press Release merupakan informasi
mengenai kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi atau instansi dalam bentuk berita
yang dibuat oleh Humas ( hal tersebut dilakukan oleh pihak Marketing Komunikasi) suatu
organisasi atau instansi yang disampaikan kepada media massa, cetak dan elektronik, untuk
selanjutnya dipublikasikan dalam media tersebut. Setelah meliput mengenai segala macam
kebijakan dan program PT. Nyonya Meneer, kemudian hasil liputan akan dibuat release dan
dimuat pada media tersebut untuk selanjutnya dipublikasikan dalam media, siaran press
berupa lembaran siaran berita yang dibagikan kepada wartawan atau media massa baik
melalui petugas humas langsung maupun melalui mesin faksimili lekanta media yang dituju.
Press Release ini dilakukan apabila ada suatu hal yang dirasa perlu.
Pembuatan iklan dan promosi penjualan merupakan kegiatan yang biasa dilakukan
oleh Humas PT. Nyonya Meneer Semarang. Setiap bulannya selalu ada promosi penjualan
yang diberikan oleh PT. Nynya Meneer dan promosi ini disalurkan melalui media-media
yang telah dipilih oleh Public Relations. Dengan adanya media-media tersebut diharapkan
promosi yang diberikan oleh PT. Nyonya Meneer dapat tersebar luas dikalangan
masyarakat.
Bentuk promosi lain lewat media elektronik menggunakan televisi untuk
menyebarluaskan informasi, karena dengan melalui televisi apa yang ingin disampaikan
Humas dapat terlaksana dengan baik maksud dan tujuannya. Siaran televisi merupakan
sarana yang paling cepat, mudah dipahami dan dimengerti oleh semua lapisan masyarakat
dari yang bertempat tinggal di desa dan di kota dan untuk semua usia. Selain hal itu
dengan melalui televisi, seseorang langsung bisa mengerti dengan melalui gambar yang
ditampilkan sehingga masyarakat yang buta huruf sekalipun akan mengetahui maksud
tersebut. Seperti dalam penayangan iklan di stasiun televisi seperti TRANS &, RCTI,
SCTV. Selain itu Humas PT. Nyonya Meneer juga menggunakan radio Hot FM yang


merupakan salah satu radio dikota Semarang. Radio ini dipilih sebagai media promosi
tidak lain karena radio ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Dimana konsep siarannya
dan target segmentasinya meliputi masyarakat dengan rata-rata umur remaja hingga
dewasa, status sosialnya adalah menengah dahingga menengah ke atas.
Event merupakan salah satu tools atau taktik yang digunakan Public Relations untuk
berkomunikasi dengan khalayaknya. Mengelola event ada dalam logika pengembangan
strategi Public Relations. Event memang bukanlah satu-satunya program dan tugas Public
Relations. Public Relations bukan berarti hanya mengelola event, namun demikian
keahlian dalam menyelenggarakan event diperlukan bagi seorang Public Relations.

Peran humas PT Nyonya Meneer yaitu sebagai penghubung dalam berhubungan
dengan stakeholder. Hal yang berkaitan dengan masalah intern disini sebagai jembatan
antara karyawan dengan perusahaan sedangkan untuk ekstern sebagai jembatan antara
karyawan dengan pihak luar yang mana artinya sangat luas karena tugasnya intinya untuk
tetap menjaga citra dari PT. Nyonya Meneer, disamping itu juga bertugas untuk
mengetahui dan mengevaluasi opini public tentang citra perusahaan, media komunikasi
dengan pihak luar (perusahaan, instansi, media cetak, media elektronik). 
Humas PT. Nyonya Meneer menggunakan Media Elektronik dan Massa untuk
mempublikasikan produk serta kegiatan atau pameran yang diselenggarakan oleh pihak PT.
Nyonya Meneer. Penting sekali dalam sebuah kegiatan Public Relations menjalin hubungan
pers atau Media Relations yang baik dengan para pemimpin dan reporter / wartawan surat
kabar, majalah, radio dan televisi. Perlakuan yang berdasarkan like dan dislike dalam
memberikan keterangan dapat menimbulkan adanya berita – berita atau tulisan – tulisan yang
tidak akurat, bahkan berita yang tidak benar tentang organisasi / perusahaan itu yang mungkin
dapat membawa kerugian. ( Abdurachman, 2001 : 41 )
Press Release merupakan informasi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh suatu
organisasi atau instansi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Humas ( dalam hal tersebut


disini dilakukan oleh pihak Marketing Komunikasi) suatu organisasi atau instansi yang
disampaikan kepada media masaa ( cetak dan elektronik ) untuk selanjutnya dipublikasikan
dalam media tersebut. Setelah meliput mengenai segala macam kebijakan dan program PT.
Nyonya Meneer, kemudian hasil liputan akan dibuat release dan dimuat pada media massa (
cetak dan elektronik ) untuk selanjutnya dipublikasikan dalam media, siaran press berupa
lembaran siaran berita yang dibagikan kepada wartawan atau media massa baik melalui
petugas humas langsung maupun melalui mesin faksimili lekanta media yang dituju. Press
Release / siaran pers sebagai publisitas yaitu media yang banyak digunakan dalam kegiatan
kehumasan karena dapat menyebarkan berita. Istilah Press Release mempunyai pengertian
yang luas, tidak hanya berkenaan dengan media cetak ( Surat kabar dan majalah ), tetapi
mencangkup media elektronik ( Radio dan televisi ). ( Soemirat dan Ardianto, 2002 : 129 ).
Press Release yang dilakukan  Public Relations ( Dalam hal tersebut disini dilakukan oleh
pihak marketing komunikasi ). Sebelum atau setelah suatu acara atau kegiatan yang
dilakukan, merupakan siaran berita yang dibagikan kepada wartawan / media massa baik
melalui petugas humas langsung maupun melalui mesin faksimili ke kantor media yang dituju
. 
 Keberadaan Jamu Nyonya Meneer di tengah persaingan tidak dapat terlepas dari
peranan media. Membina hubungan media dan pers ( Media Press Relations ) merupakan
bagian dari fungsi humas, khususnya sebagai alat, pendukung, atau media kerjasama untuk
kepentingan proses publikasi tentang berbagai kegiatan program kerja atau demi kelancaran
aktivitas komunikasi humas dengan pihak publik dan sasarannya. ( Ruslan, 2002 : 170 )
Media mempunyai kemampuan dalam menciptakan publikasi yang cukup tinggi
melalui kerjasama dengan pihak yang bersifat stimultaneity effect ( efek keserempakan ),
maupun efek mendramatisir, atau efek publisitas yang luar biasa besar pengaruhnya (
infuencing spheres )terhadap pembentukan opini publik ( publik opinion ) dalam jangka
waktu relatif singkat, dan bersamaan dengan jangkauan jumlah pembaca atau audiencenya
lebih luas yang tersebar di berbagai tempat atau kawasan. ( Ruslan, 2002 : 170 )


Media audio atau media elektronik yang digunakan sebagai alat promosi atau
pemberitahuan tentang info lain yang menyangkut keberadaan Nyonya Meneer adalah Radio
Hot Fm. Nyonya Meneer telah menjalin kerjasama dengan Radio Hot Fm yang merupakan
saluran stasiun radio yang cukup terkenal dan mempunyai audince dalam jumlah yang relatif
banyak, sehingga pesan dapat disampaikan dalam jangkaun luas dan waktu yang cepat lainnya
mempunyai pendengar atau pemirsa dalam jumlah besar dan tersebar. Selain menggunakan
Radio, Humas PT. Nyonya Meneer juga menggunakan televisi seperti dalam penayangan
iklan di stasiun TV seperti TRANS 7, RCTI, SCTV. Kelebihan media audio atau elektronik :
pesannya mudah diterima atau diingat pemirsa, dan daya pengaruhnya lebih tinggi.
Kelemahannya : relatif lebih mahal ( high cost ), penyampaian pesan atau berita tidak
menyeluruh karena jam siarnya harus menghemat waktu yang sangat ketat dan biayanya
dihitung per detik. ( Ruslan, 2002 : 203-204 )  
Banyaknya persaingan perusahaan jamu yang terjadi saat ini, mengenai suatu kualitas
dan mutu barang terutama kualitas jamu yang sering dikonsumsi masyarakat, karena kualitas
yang baik menentukan perkembangan atau kemajuan perusahaan jamu. Tetapi semua
perusahaan jamu yang ada melakukan persaingan itu secara sehat. Ada salah satu perusahaan
jamu yang terkenal di Semarang yaitu Ny. Meneer. Perusahaan jamu ini menghadapi
persaingan tersebut dengan mengadakan event atau promosi kepada masyarakat. Humas
memandang bahwa persaingan sebagai hal positif yang dapat dimanfaatkan untuk memacu
Nyonya Meneer menjadi lebih baik. Persaingan yang ada saat ini bukan merupakan suatu hal
yang harus ditakuti / dihindari, justru Nyonya Meneer harus memandang positif dan
persaingan memang suatu hal yang pasti ada. 






ABSTRACT

Public Relations see that competition as positive thing can be used to make PT.
Nyonya Meneer better. The current competition is not something to be feared / avoid, instead
of PT. Nyonya Meneer have to look at the positive and the competition was a sure thing that
happened. Competition also can not be denied as the influence of the rapid advancement of
science and technology development makes information flow and human needs have also
increased.
 In an effort to face competition with other herbal industry Public Relations PT.
Nyonya Meneer activities in cooperation with relevant institutions or agencies in the conduct
of these activities.
 The purpose of this study aims to describe what acivities are undertaken PR (Public
Relations) PT. Nyonya Meneer in the face of competition with other herbal medicine industry.
In this study, the type that is used is descriptive research using a qualitaive in depth
interviewes were Ms. Emi as Public Relations, Mrs. Dini as Public Relations Staff.
 From the survey results revealed that PT. Nyonya Meneer has a lot of Public Relations
activities in order to face competition with other herbal medicine industry. Activities – these
activities include visits of Students Receiving, School children, Nor Foreign Guests of Social
Organizations and Researhers; Media Relations established with the various mass media such
as the Kompas newspaper, Bernas Jogja, Indonesia and the Media; Event or Exhibition
Products such as by Healthy Gymnastics held activities Nyonya Meneer, Nyonya Meneer
Agent Gathering Event, participation in Hotel Ciputra enlive anniversary by opening a
booth/stand.













ABSTRAKSI

Judul Tugas Akhir  :  KEGIATAN HUMAS/PR PT. NYONYA MENEER
DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN
INDUSTRI JAMU LAINNYA
Nama  :  Daniar Surya Nugrahani
NIM : D0C006029

  Public Relations memandang bahwa persaingan sebagai hal positif yang dapat
dimanfaatkan untuk memacu PT. Nyonya Meneer menjadi lebih baik. Persaingan yang ada
saat ini bukan merupakan suatu hal yang harus ditakuti / dihindari, justru PT. Nyonya Meneer
harus memandang positif dan persaingan memang suatu hal yang pasti ada. Persaingan tidak
hanya muncul dari dunia pelayanan jasa saja, tetapi pada bidang lain juga. Adanya persaingan
juga tidak dapat dipungkiri merupakan pengaruh dari makin majunya perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi menjadikan arus informasi dan kebutuhan manusia juga semakin
meningkat.
  Dalam upaya menghadapi persaingan dengan industri jamu lain Public Relations PT.
Nyonya Meneer melakukan kegiatan-kegiatan bekerjasama dengan instansi atau lembaga
terkait dalam mengadakan kegiatan tersebut.
  Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan-kegiatan apa
sajakah yang dilakukan PR ( Humas ) PT. Nyonya Meneer dalam menghadapi persaingan
dengan industri jamu lainnya. Pada penelitian ini, tipe riset yang dipakai yaitu deskriptif
kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam (in depth interview) kepada
narasumber sebagai alat pengumpulan data. Adapun narasumber yang diwawancarai adalah
Ibu Emi sebagai Humas, Sdri. Dini sebagai Staff Humas.
 Dari hasil penelitian diketahui bahwa PT. Nyonya Meneer memiliki banyak kegiatan
Public Relations guna menghadapi persaingan dengan industri jamu lainnya. Kegiatan –
kegiatan tersebut diantaranya adalah Menerima kunjungan dari Mahasiswa, Anak-anak
sekolah, Tamu Asing Maupun dari Organisasi Sosial dan Peneliti; Media Relations menjalin
dengan berbagai Media Massa seperti dengan Koran Kompas, Bernas Jogja, dan Media
Indonesia; Event atau Pameran Produk diantaranya dengan mengadakan kegiatan Senam
Sehat Nyonya Meneer, Acara Temu Agen Nyonya Meneer, Keikutsertaan dalam
memeriahkan HUT Hotel Ciputra dengan membuka stand.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Code CBox milik sampeyan
Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

About